22 Juni, 2011

10 Angka Password Yang Harus di Hindari

Membuat kata kunci memang gampang-gampang susah. Karakter yang dipilih haruslah mudah diingat, tapi jangan sampai mencerminkan identitas diri Anda.

Misalnya, hindari penggunaan tanggal lahir, nomor rumah, nomor ponsel, atau nomor kendaraan sebagai password. Kalau sudah, Anda masih harus berhati-hati lagi karena baru-baru ini ada beberapa karakter numerik khusus yang umum dijadikan kata kunci.

Sebuah pengembang aplikasi gratisan untuk iPhone, Big Brother Camera Security, menemukan sepuluh kode akses ponsel yang paling banyak dipakai pengguna iPhone. Untuk membuktikannya, perusahaan software itu sampai menunjukkan gambar penggunaan iPhone 4 dan iPod Touch yang dioperasikan tanpa izin dengan menggunakan kode akses yang umum tadi.

Seorang developer di Big Brother Camera Security, Daniel Amitay, menulis, dia telah mengumpulkan informasi penggunaan password tadi dengan menambahkan beberapa kode untuk merekam kode sandi. Hingga kini, dia telah mensurvei lebih dari 200 ribu kode akses ke iPhone dan iPod Touch.

Dari situ diketahui umumnya para pengguna perangkat tersebut memakai sepuluh jenis password sebagai kode akses ke gadget mereka, yakni 1234, 0000, 2580, 1111, 5555, 5683, 0852, 2222, 1212, dan 1998.

"Membuat kata sandi dengan formula tertentu bukanlah ide yang bagus," kata Amitay.

Akibat formulasi kata kunci ini, menurut dia, bisa sangat fatal. Pasalnya, satu dari tujuh iPhone telah dibobol dengan cara menjajal sepuluh jenis password tersebut. Amitay mengatakan formulasi password yang biasa digunakan adalah kombinasi dari empat angka yang menghasilkan angka yang sama, misalnya tahun 1998 atau versi numerik dari kata LOVE (5683).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar